Untuk mengawali langkah ini guru dapat membagi kelas dalam beberapa kelompok –kelompok kecil (3-4 orang). Setiap kelompok diminta mencari 4-5 masalah sesuai dengan pokok bahasan yang ada di lingkungannya atau masalah –masalah yang dimuat di dalam koran atau majalah yang telah disiapkan oleh guru, lalu mendiskusikan dengan kelompok kecil tersebut sehingga ditemukan satu masalah yang dianggap penting dalam kelompok tersebut. Selanjutnya masih dalam kelompok kecil dengan satu masalah yang mereka anggap penting tersebut guru memberi tugas untuk mencari informasi terutama mengenai kelayakan masalah, ketersediaan sumber informasi yanag akan dijadikan rujukan guna memecahkan masalah tersebut. Tugas yang diberikan guru meliputi wawancara, mencari informasi dari sumber media massa cetak dan mencari informasi melalui media massa elektronik
Pada tahap pertama itu guru kelas menerangkan kepada para siswa tentang rencana kegiatan model portofolio dalam kegiatan belajar –mengajar. Guru memberi penjelasan tentang konsep dasar kegiatan portofolio. Siswa diberikan suatu penjelasan singkat perbedaan kegiatan model portofolio dengan kegiatan belajar mengajar yang selama ini mereka lakukan. Selanjutnya siswa diberikan penjelasan bagaimana teknis pelaksaanaan portofolio serta tahap-tahap yang dilakukan secara berurutan. Dalam hal ini guru menjelaskan kepada siswa cara mengenal dan memilih masalah, kemudian cara mengumpulkan informasi mengenai sebab masalah, informasi mengenai akibat masalah, informasi cara memilih pemecahan masalalah, dan informasi penanggulangan atau pemecahan masalah, informasi cara menyusun tindak lanjut, cara menyajikan portofolio dan melakukan refleksi. Disamping itu guru juga memberikan petunjuk teknis singkat untuk bagaimana melakukan wawancara untuk mengumpulkan informasi secara baik, sopan dan benar. Jadi pada tahap ini guru menjelaskan kepada murid kelas V semua kegiatan yang akan dilakukan dalam penerapan model pembelajaran portofolio.
No comments:
Post a Comment