Langkah-langkah dalam mengumpulkan informasi tentang masalah yang dikaji di kelas adalah mengidentifikasi sumber-sumber informasi , kemudian kelas dibagi dalam beberapa kelompok yang untuk masing-masing kelompok diberi tugas pekerjaan rumah guna mencari informasi tentang masalah tersebut.
Tahap ini adalah tahap mengumpulkan informasi. Guru memberikan arahan kepada siswa bagaimana mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan. Guru memberikan bekal berupa tata cara wawancara dan format-format wawancara. Dalam hal ini guru memberikan contoh sumber informasi yang bisa dijadikan nara sumber seperti tokoh masyarakat, Dinas Kesehatan, Puskesmas, orangtua, Dinas Pekerjaan Umum, guru dan lain-lain. Guru menganjurkan kepada siswa untuk berupaya mencari sumber sebanyak-banyaknya agar melengkapi informasi yang akan diperoleh untuk bahan kajian. Dalam mengumpulkan informasi di bagi menjadi beberapa kelompok lagi dengan anggota masing-masing jumlah 4-5 orang. Jadi dalam 1 kelas terdapat 5 kelompok, yaitu kelompok 1, 2, 3, 4, dan 5. Setiap kelompok kemudian membentuk ketua dan sekretaris. Guru kemudian membimbing bagaimana siswa melaksanakan mekanisme kerja kelompok dalam rangka mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari sumber informasi. Ketua kelompok bertugas untuk mengatur dan membagi-bagi tugas anggotanya dalam mengumpulkan informasi. Kemudian informasi dikumpulkan kepada sekretaris untuk disusun menjadi suatu data yang bisa dikaji. Wawancara pengumpulan informasi menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan tentang Membuang Sampah Sembarangan meliputi sebab, akibat dan jalan pemecahan. Kelompok 1 mendapat tugas mewawancarai orang tua siswa, kelompok 2 mendapat tugas mewawancarai dengan Dinas Kesehatan dan kelompok 3 mendapat tugas mewawancarai dengan Guru, kelompok 4 mendapat tugas mewawancarai dengan tokoh masyarakat. Kelompok 5 mengumpulkan dari media seperti majalah dan Koran. Setelah itu guru memberikan batas waktu pengumpulan informasi yaitu satu minggu. Setiap orang bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan kelompoknya.
No comments:
Post a Comment