Friday 21 June 2013

Pengertian Metode Portofolio Pendidikan

Portofolio sangat bermanfaat dalam memberikan informasi mengenai kemampuan dan pemahaman anak didik serta memberikan gambaran mengenai sikap dan minat anak didik terhadap pelajaran yang diberikan, juga dapat menunjukkan pencapaian atau peningkatan yang diperoleh anak didik dari proses pembelajaran (Stiggins, 1994 : 20).

Menurut Urip Mulyono pada makalah workshop tanggal 22-23 Oktober 2004 di Yogyakarta menyatakan bahwa model pembelajaran berbasis portofolio adalah suatu inovasi model pembelajaran yang dilandasi beberapa pemikiran sebagai berikut :

1. Empat pilar pendidikan

Seperti arah pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO yaitu learning to know(belajar untuk mengetahui), learning to do(untuk mengerjakan), learning to be (untuk menjadi), learning to live together (untuk hidup bersama). Anak didik diberdayakan agar mampu dan mau berbuat memperkaya pengetahuan belajarnya dengan berinteraksi pada lingkungannya sehingga mampu membangun kepercayaan dirinya.

2. Pandangan Kontruktivitisme

Menurut pandangan ini guru hanya sebagai fasilitator dan menyediakan kondisi agar proses belajar berlangsung lancar dan terarah. Bentuk kondisi kondisi belajar yang sesuai dengan pandangan ini adalah antra lain diskusi, demonstrasi dan peragaan

3. Proses pembelajaran yang dilandasi oleh nilai-nilai demokrasi

Menurut Mangkoesapoetra (2004 : 3), melalui model pembelajaran portofolio, selain diupayakan dapat membangkitkan minat belajar anak didik secara aktif, kreatif, juga dapat mengembangkan pemahaman nilai-nilai kemampuan berpartisipasi secara efektif, serta diiringi suatu sikap tanggung jawab.

Jika ingin mengetahui daftar pustaka silahkan hubungi saya di email

0 comments: