Monday 15 July 2013

Contoh Kegiatan Dalam Penyajian Portofolio DI Sekolah Dasar

1. Kegiatan dalam penyajian portofolio

Setelah semua sepakat untuk menetukan waktu yang tepat untuk diadakan gelar kasus, maka siswa dan guru segera melaksanaakn gelar kasus tersebut. Masing-masing sudah menyiapkan bahan untuk disajikan di kelas. Kelompok satu menyiapkan portofolio mengenai kondisi dan gambaran umum permasalahan. Kelompok ini menyiapkan portofolio dokumen dan tampilan. Siswa pada kelompok ini dibagi menjadi 2 sub kelompok. Sub kelompok pertama menyelesaikan portofolio dokumen tentang gambaran umum dari membuang sampah sembarangan Informasi yang diperoleh berupa informasi dari nara sumber dari Tokoh masyarakat, petugas dinas kesehatan, guru dan kepala desa kemudian dicatat dan dibendel menjadi satu. Sub kelompok dua bertugas menyelesaikan portofolio tampilan tentang gambaran umum membuang sampah sembarangan yang menghasilkan gambaran seperti dokumen tetapi dalam kertas yang lebih besar yaitu ditulis dalam kertas manila yang menarik karena dipajang untuk ditampilkan. Sedangkan untuk kelompok 2 menyusun portofolio tentang sebab, kelompok 3 tentang akibat dan kelompok 4 tentang jalan pemecahannya. Masing-masing juga menyusun dokumen portofolio dan portofolio tampilan seperti kelompok satu. Selanjutnya diadakan suatu show case atau gelar kasus. Tim show case terdiri atas empat kelompok yang akan memaparkan hasil kerja portofolio dihadapan teman dan guru di kelas. Pemaparan dilakukan secara bergantian secara urut mulai dari kelompok I sampai IV.

a. Kelompok Satu (Kelas IV)

Kelompok I menyajikan bagaimana gambaran umum membuang sampah sembarangan. Gambaran umum dari membuang samapah sembarangan adalah sebagai berikut :

i. Lingkungan di sekitar sekolah kotor karena banyaknya sampah yang berserakan

ii. Lingkungan di sekitar tidak enak dipandang mata dan bau karena banyak sampah dimana-mana

b. Kelompok II (Kelas IV)

Kelompok II menyajikan tentang bagaimana sebab-sebab membuang sampah sembarangan. Sebab-sebab terjadinya pembuangan sampah sampah lingkungan siswa disebabkan oleh berbagai hal yang ditampilkan sebagai berikut :

i. Kurangnya disiplin anak-anak dalam membuang sampah

ii. Kurangnya kesadaran siswa akan artinya kebersihan

iii. Kurang mengetahui adanya akibat dari membuang sampah sembarangan

iv. Kurangnya fasilitas tempat sampah

v. Tidak adanya sangsi yang tegas jika ada orang yang membuang sampah sembarangan

c. Kelompok III (Kelas IV)

Kelompok III menyajikan akibat dari membuang sampah secara sembarangan. Menurut kelompok ini membuang sampah secara sembarangan akan mengakibatkan hal-hal sebagai berikut :

i. Lingkungan menjadi kotor

ii. Menyebabkan terjadinya banjir

iii. Menjadikan tempat berkembang biak nyamuk dan lalat

iv. Menyebabkan polusi udara dan air

v. Dapat menimbulkan berbagai macam penyakit

vi. Mengakibatkan kekurangnyamanan dan merusak keindahan alam

vii. Bisa mengancam jiwa penduduk sekitar

d. Kelompok V (Kelas IV)

Kelompok ini bertanggungjawab yang menyajikan jalan pemecahan permasalahan tentang bagaimana menanggulangi pembuangan sampah sembarangan. Menurut kelompok ini bahwa penanggulangannya ada beberapa cara yang ditampilkan sebagi berikut :

i. Diberikan penyuluhan dan bimbingan kesehatan tentang manfaat kesehatan

ii. Diberikan penyuluhan dan bimbingan kesehatan tentang bahaya dari mebuang sampah secara sembarangan kepada siswa

iii. Penyediaan sarana dan prasarana tempat sampah yang memadai di tempat-tempat strategis

iv. Pendidikan sejak dini tentang membuang sampah yang benar

v. Diadakan kegiatan jumat bersih di sekolah.

0 comments: