Monday 12 August 2013

KONSEP PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

action

Membaca dan mempelajari kegiatan belajar 1 tentang konsep PTS. Setelah mempelajari kegiatan belajar 1, Bapak/Ibu diharapkan memahami konsep PTS. Hasil pemahaman Bapak/Ibu terhadap konsep PTS dapat digunakan sebagai tahap awal untuk memperbaiki dan mengembangkan guru dan siswa agar mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan. Kepala sekolah akan berusaha kuat untuk memahami konsep PTS apabila ada kemauan dan spirit kuat untuk berubah ke arah yang lebih baik yaitu lebih maju dan lebih berkembang.

Bapak/Ibu akan mudah mempelajari dan mempraktikkan materi kegiatan belajar 1, jika ada kemauan yang kuat. Bukankah di mana ada kemauan di situ ada cara/jalan? Konsep PTS yang sudah Bapak/Ibu praktikkan dengan sukses melalui rencana tindakan akan menjadi contoh bagi guru dan siswa dalam rangka untuk mengubah pola pikir, pola sikap, dan pola tindak mereka agar mampu berpikir kritis, kreatif, inovatif, cakap menyelesaikan masalah, dan bernaluri kewirausahaan.

Oleh karena itu langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mempelajari materi ini mencakup aktivitas individual dan kelompok. Secara umum aktivitas individual meliputi:

(1) membaca materi pelatihan,

(2) melakukan latihan/tugas, mengatasi masalah/kasus pada setiap kegiatan belajar,

(3) membuat rangkuman/kesimpulan, dan

(4) melakukan refleksi, dan membuat rencana tindakan.

Sedangkan aktivitas kelompok meliputi:

(1) mendiskusikan materi pelatihan,

(2) bertukar pengalaman dalam melakukan latihan/menyelesaikan masalah/kasus,

(3) melakukan seminar/diskusi hasil latihan/tugas yang dilakukan, dan

(4) bersama-sama melakukan refleksi, membuat rencana tindakan (action plan).

0 comments: