Wednesday 29 May 2013

Alasan Tetap Terjaganya Popularitas BlackBerry Di Indonesia

bbIngat kasus sebuah pesan BBM yang bisa menjadi barang bukti sebuah kasus kejahatan? Saya tidak akan membahas tentang kasus kriminalnya melainkan betapa hebatnya jenis ponsel ini dari segi tingkat keterpecayaan datanya. Ini tentu tidak main main dalam pengelolaan teknologinya. BBM yang dikenal telah dilengkapi dengan pengacakan isi pesan (message encryption) dengan metoda enkripsi Triple DES 168-bit yang dikenal rumit, kemudian harus dibaca oleh pihak berwenang untuk mengungkap isinya, entah dengan cara bekerjasama dengan pihak RIM atau dengan cara lain. Kemudian jadi mengapa sebagian orang di negara ini benar-benar kagum dengan BlackBerry?  sebagai pembanding, ada sebuah studi yang dilakukan oleh David Vance di Rutgers-Camden University dan Nada Kakabadse dari University of Northampton di Inggris menemukan bahwa pengguna BlackBerry menunjukkan tanda-tanda kecanduan yang "mirip dengan pecandu alkohol". Sekarang sementara untuk menjelaskan bagaimana datang pengguna BlackBerry bahkan tidur dengan ponsel BlackBerry mereka! Smartphone BlackBerry telah menjadi semakin populer terutama di Indonesia. Jumlah pengguna telah lebih dari dua kali lipat dalam satu tahun terakhir . Adanya serbuan smarpphone dengan sistem operasi lain tidak menurunkan hasart pemebelian blackberry. Semua orang suka baru, mainan baru seperti ponsel terbaru, atau pemutar MP3 terbaru, top-of-the-line sistem game komputer, 60 "televisi, surround sound system atau yang terbaru dan namun orang masih melirik efektivitas dengan membeli BlackBerry. Tapi apa yang membuat perangkat ini, yang hanya ponsel, jadi adiktif untuk anda pegang?
Blackberry Mobile Phones telah menjadi sangat populer. Gadget ini telah dirancang mengambil semua orang menjadi pertimbangan, bukan hanya orang-orang bisnis. Hal ini ramping dan ringan dan banyak orang yang mencintai Research In Motion atau RIM adalah pemimpin dalam smartphone. Mereka adalah yang pertama untuk keluar dengan ponsel yang tidak hanya tentang segala sesuatu. Mereka juga salah satu perusahaan pertama yang memberikan pengguna, Anda dan saya, belum pernah terjadi sebelumnya kontrol atas apa yang ada di ponsel kita. Sampai titik itu, Anda tidak bisa menambahkan aplikasi ke telepon Anda, membuat nada dering Anda sendiri atau bahkan meng-upload foto Anda sendiri. Kebanyakan operator melakukan apa pun yang mereka bisa untuk mengunci Anda keluar - itu seperti mereka sewa Anda telepon walaupun Anda membelinya.

Mungkin alasan sebenarnya adalah bahwa RIM telah mengembangkan perangkat yang telah menangkap imajinasi orang  dan merupakan perusahaan pertama yang memberikan kontrol kembali ke pemilik ponsel, antara Anda dan saya dan bukan dengan perusahaan telepon.
Anda bisa tetap berhubungan dengan kantor dan staf Anda di mana saja. Anda tidak perlu membawa sekitar laptop untuk merespon e-mail. Seperti model-model baru datang, BlackBerry telah menjadi lebih kuat dan bahkan lebih populer ke titik bahwa mereka merilis versi konsumen dan bahkan dengan bahwa konsumen memilih untuk versi bisnis ponsel mereka seperti Curve dan smartphone terbaru untuk memukul pasar dari RIM, Torch.
Individu seperti manajer dan eksekutif sibuk ingin bisa tetap berhubungan, mereka menikmati memiliki kemampuan untuk memeriksa e-mail mereka secara teratur dan dengan RIM memiliki push-mail dipatenkan, Anda tidak perlu login ke account Anda setiap menit - pesan bisa dikirim kepada Anda dari account e-mail Anda. 
Blackberry ponsel menyediakan akses internet, dan BBM sebuah messenger exclusif pengguna handset ini. BlackBerry smartphone unggul dalam komunikasi bisnis dan merupakan salah satu solusi bisnis mobile terkemuka. Smartphone BlackBerry dapat menawarkan banyak dalam hal kemampuannya untuk memastikan bahwa Anda selalu tetap terhubung dengan bisnis Anda. Sebuah smartphone BlackBerry akan mengakomodasi semua email, telepon dan kebutuhan bisnis Anda ke dalam satu handset.
Ini berarti Anda dapat mengelola semua komunikasi bisnis Anda secara efisien, dengan kemampuan untuk mengintegrasikan software smartphone BlackBerry Anda ke dalam sistem TI Anda, sehingga kantor mobile. Sementara BlackBerry kemampuan internet smartphone dapat meningkatkan komunikasi bisnis Anda melalui menghubungkan hingga 10 account email, berarti Anda tidak akan kehilangan jejak pada email penting.
Bisnis Anda dapat berkomunikasi dengan orang secara cepat melalui Blackberry Messenger . Apa yang Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang beberapa fitur lebih profesional BlackBerry yang dapat menawarkan berbagai cara untuk mempertahankan bisnis Anda sepenuhnya terhubung. Menggunakan Enterprise Server BlackBerry Anda dapat memastikan bahwa komunikasi bisnis Anda lebih maksimal, menghubungkan sistem yang ada dengan BlackBerry baru ponsel Anda untuk memastikan bahwa Anda selalu tetap aman dan terhubung secara nirkabel.
Tidak seperti bagian lain dari dunia dimana smartphone BlackBerry digunakan di perusahaan untuk digunakan perusahaan dan terutama sebagai BES - Solusi BlackBerry Enterprise untuk bekerja, sebagian besar pengguna di Indonesia berlangganan BIS - BlackBerry Internet Service bukan BES seperti di bagian lain dunia.
Sebuah fakta yang hanya di negara kita bahwa operator operator Indonesia adalah salah satu yang pertama di dunia untuk memperkenalkan layanan prabayar termasuk tingkat harian dan mingguan semurah Rp5000 (oleh XL) per hari yaitu sekitar USD 0,55 per hari untuk paket BIS unlimited. Pilihan yang lebih murah lainnya termasuk "lite" paket di mana pelanggan dapat memilih untuk chatting dengan layanan push email atau chatting dengan layanan browsing yang untuk rendah sebagai sebagai USD 0,30 per hari. Operator BIS lain selain XL di Indonesia termasuk Telkomsel, Indosat, Axis dan Three Indonesia.
Hal ini membuat mudah terjangkau penduduk Indonesia untuk mengadopsi menggunakan smartphone. Biaya handheld BlackBerry sekitar Rp2.1 juta  untuk Curve Model yang dibandingkan dengan harga iPhone tag Rp 8 juta membuat BlackBerry smartphone pilihan bagi banyak pemuda.

0 comments: