Wednesday 22 May 2013

Contoh Proposal Penelitian Tentang Kesadaran Wajib Pajak

Judul  : Kesadaran Wajib Pajak Masyarakat Desa Giri Sekar Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung Kidul dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Tahun 2013

A.Latar Belakang Masalah

Dalam Negara Republik Indonesia yang ke-hidupan rakyat dan perekonomiannya sebagian besar bercorak agraris, bumi termasuk perairan dan kekaya-an alam yang terkandung didalamnya mempunyai fungsi penting dalam membangun masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Oleh karena itu bagi mereka yang memperoleh manfaat dari bumi dan kekayaan alam yang terkan- dung didalamnya, karena mendapat sesuatu hak dari kekuasaan negara, wajar menyerahkan sebagian dari kenikmatan yang diperolehnya kepada negara melalui pembayaran pajak. Warga desa yang mayoritas bermata pencaharian petani yang mempunyai tanah-tanah yang wajib terkena pajak yang disebut Pajak Bumi dan Bangunan. Banyak upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Seperti suatu slogan yang sering ditulis pada spanduk, baliho, televise dengan pesan bahwa orang bijak taat pajak. Ini dimaksudkan supaya warga membayarkan pajaknya dengan sukarela. Apabila membayar pajak ini secara sukarela maka diharapkan para wajib pajak dapat membayar pajak tepat waktu. Membayar pajak tepat waktu menyebabkan dana pemerintah tidak tersendat dan pembangunan menjadi lancar. Sehingga membayar tepat waktu berarti ikut berperan serta memperlancar proses pembangunan. Karena pajak yang dibayarkan “sepenuhnya” digunakan untuk membangun sarana-sarana bagi kepentingan umum..

Berbagai kasus kasus penunggakan Pajak Bumi dan Bangunan di pedesaan hingga jatuh tempo yang mengakibatnya akan terkena sanksi dari pemerintah berupa denda. Hal ini tentu sangatlah memberatkan bagi wajib pajak itu sendiri.. Yang menjadi persoalan apakah para wajib pajak tersebut memang keberatan atau memang kurang sadar dalam membayar pajak. Hal ini kemungkinan juga terjadi di desa warga Desa Girisekar. Hal inilah yang menarik untuk meneliti warga yang termasuk wajib pajak di Desa Girisekar membayar kewajibannya dengan penuh kesadaran, sukarela atau karena terpaksa.

B. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah pada penelitian ini adalah ;

  1. Warga desa yang berkriteria wajib pajak belum sepenuhnya mengetahui kegunaan membayar apajka Bumi dan bangunan.
  2. Para wajib pajak terlambat dalam membayar pajak Bumi dan Bangunan sehingga terkena denda.
  3. Wajib Pajak membayar pajak tepat waktu karena takut didenda
  4. Kesadaran wajib pajak membayar Pajak Bumi dan Bangunan rendah

C. Pembatasan Masalah

Pada penelitian ini permasalahan dibatasi pada masalah Kesadaran wajib pajak dalam Membayar Pajak PBB

D. Rumusan Masalah

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana kesadaran Wajib Pajak warga desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2004?

E. Tujuan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kesadaran Wajib Pajak warga desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan pada tahun 2013?

F. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini adalah memberikan gambaran kesadaran warga desa dalam membayar pajak sehingga bisa memberikan masukan kepada pemerintah untuk memperbaiki sosialisasi pembayaran pajak kepada warga.

Untuk landasan teori metode penelitian yang lengkap silahkan hubungi kami

0 comments: