Friday 31 May 2013

Skala jaringan LAN dan WAN Dalam Penggunaan Komputer Perusahan

Jarungan komputer saat ini sudahmnejadi suatu keharusan dalam sebuah organisasi perusahaan. Melalui penggunaan jaringan komputer maka  perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa keunggulan. Peusahaan yang berorientasi bisnis yang cerdas akan selalu berinvestasi dalam alat  untuk  menjamin kemajuan perusahaan.  Investasi di hardware yang digunakan tidak hanya memungkinkan menggunakan melalui kemajuan teknologi tetapi pada saat yang sama terbukti menjadi kebijakan investasi yang efektif paling bijaksana dan biaya untuk terjangkau . Salah satu manfaat utama dari jaringan adalah kemampuan menghemat biaya , tenaga dan waktu untuk berbagi file dan sumber daya. Karyawan dapat mengakses file dan informasi yang tersimpan di komputer lain di kantor - membantu kolaborasi dan mengurangi kebutuhan untuk selalu menyimpan file ke flash drive. Selain itu, jika ada database pusat atau sistem penyimpanan maka siapa pun yang terhubung ke jaringan dapat mengakses dan mengedit file. Dengan jaringan setiap orang dapat menggunakan sumber daya yang sama. Daripada harus membeli printer untuk terhubung ke setiap komputer individu, dengan jaringan printer dapat ditambahkan dan semua orang di jaringan dapat menggunakannya. Jaringan yang sangat berguna dan dapat digunakan untuk banyak hal yang berbeda. Karena persyaratan jaringan yang berbeda-beda yang dibutuhkan oleh perusahaan dan individu berbagai jenis jaringan telah berevolusi.

LAN adalah jaringan yang menghubungkan perangkat yang berada di dekat satu sama lain, seperti di kantor atau sekolah. Hal ini dapat kabel, seringkali melalui penggunaan Ethernet, atau dapat menjadi WLAN, jaringan area lokal nirkabel. Beberapa perusahaan akan memiliki satu, dua atau tiga LAN di kantor tergantung pada kebutuhan mereka dan ukuran bisnis mereka. Perusahaan yang menggunakan jaringan mereka sendiri komputer harus mengelola sistem yang kompleks yang sekali digunakan, menjadi alat vital untuk efisiensi melanjutkan operasi mereka. Mereka mempekerjakan administrator yang berfokus terutama pada operasi sehari-hari jaringan, sedangkan network engineer berurusan terutama dengan upgrade sistem, pengujian keamanan, dan sebagainya.
Perusahaan besar, dengan kantor yang tersebar di jarak geografis yang luas, dapat menggunakan WAN. Sebuah jaringan area WAN, atau lebar, dibuat ketika LAN yang dipisahkan oleh jarak fisik yang besar yang terhubung bersama-sama. Sebagian besar perusahaan tidak akan memiliki WAN mereka sendiri tetapi akan memanfaatkan layanan WAN. WAN sangat baik untuk menghubungkan kantor yang tersebar di seluruh negeri atau di seluruh dunia, tetapi ada jenis lain jaringan yang mungkin lebih sesuai untuk kebutuhan menengah di mana WAN terlalu besar dan terlalu kecil LAN. Router berfungsi sebagai sistem cadangan teknis yang besar dan karena itu mereka diklasifikasikan sebagai bagian tak terpisahkan dari teknologi informasi. Oleh karena itu memiliki server router / perangkat keras jaringan adalah suatu keharusan bagi pengusaha yang ingin menyederhanakan dan mengatur data perusahaan.

0 comments: