Friday 14 June 2013

Mitos Terbaru : Indonesia Telah dijajah Lebih dari 350 Tahun, Ini Ulasannya

belandaSaat ini banyak perbedaan pendapat berapa lama Indonesia di jajah Belanda. Mitos yang selama ini disampaikan di buku buku sejarah adalah Belanda mulai menjajah Indonesia bersamaan dengan berdirinya VOC pada 1602?    Ada pula versi yang mengatakan penjajahan dimulai pada 1596, ketika kakak beradik De Houtman tiba di Banten. Tapi itu pun sulit disebut sebagai awal penjajahan Belanda, karena Cornelis de Houtman cuma melakukan penjajakan. Belanda belum benar-benar menjajah.  Banyak versi yang menetang bawhwa belanda tidak benar benar menjajah Indonesia selama itu. Namun essensinya tidak melulu hitungan angka tapi makna bahwa kita sudah diajajh cukup lama oleh bangsa Belanda atau Netherland.

Fakta selanjutnya adalah selain Banten, Jakarta dan Maluku, Belanda bertahap menundukkan wilayah-wilayah Nusantara. Kebanyakan baru berlangsung pada abad ke-20 ketika kolonialismenya bercorak Politik Etis. Sisi lain Politik Etis yang bertujuan mendidik kaum inlanders, oleh orang Belanda disebut sebagai pacificatie, gampangnya penaklukan wilayah-wilayah luar Jawa. Aceh baru ditaklukkan pada 1904 –bahkan Belanda baru sepenuhnya berkuasa pada 1912–, dan Bali dikuasai pada 1906. Dengan begitu Aceh maksimal dijajah Belanda selama 38 tahun dan Bali selama 36 tahun.. Kita tidak bisa pukul rata bahwa seluruh wilayah Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun. Halk ini perlu dikaji agar sebagai aanak bangsa yang menghargai jasa pahlawan pahlaawannya jangan samapai  keliru memahami perjuangan rakyat Daerah Istimewa Aceh dan Wilayah Bali yang mempertahankan wilayahnya sekuat tenaga dari pendudukan Belanda. Jangan sampai salah memaknai kepahlawanan Tjoet Njak Dien, karena dia mati-matian mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan Aceh hanya karena mitos tersbut . 

Dalam bsebuah buku  Bukan 350 Tahun Dijajah , seorang penulis buku G.J Resink ahli hukum keturunan  Belanda mengkaji kembali fakta historis kedudukan Hindia Belanda di Indonesia pada kurun abad ke-19 hingga ke-20. Lewat berbagai bukti, Resink secara jelas dan terperinci meluruskan salah kaprah atau salah yang lumarah  yang kerap dikemukakan orang tentang masa kekuasaan kolonialisme Belanda di Indonesia.
Menurutnya, berlarut-larutnya mitos penjajahan selama 350 tahun karena 'kemalasan' para sejarawan mencari sumber-sumber sejarah baru. Kebanyakan peneliti sejarah hanya mengofirmasi tulisan pada buku sejarah yang terbit di zaman tersebut yang sebenarnya kala itu dibuat untuk kepentingan pemerintah kolonial. Resink menganjurkan pembaca lebih kritis membaca mitos penjajahan selama kurun waktu itu. Hal ini jarena masih banyak  kerajaan-kerajaan yang ada di kepulauan Nusantara  . Dimana masing-masing kerajaan, memiliki hubungan politik dan hukum yang berbeda dengan penguasa kolonial Hindia Belanda.tidak melulu dikuasai atau dijajajh belanda.

Namun terlepas dari pernghargaaan upaya pembenaran sejarah tersebut, Ada fakta baru yang bisa mendukung mitos penjajahan Belanda selama itu adalah yang ditemukan pada mulai tanggal 7 Juni 2013 bahwa indonesia telah dijajah selama 350 tahun + 90 menit (2 menit Injury time) di Gelora Bung Karno. Yaitu kalah 0 -3 dalam pertandingan timnas vs trimnas Belanda.  ..,..tapi tetap Bravo Timnas Indonesia  Smile

0 comments: