Saturday 15 June 2013

Portofolio : Memilih & Mengumpulkan informasi masalah untuk kajian di kelas

Apabila masing-masing kelompok kecil telah cukup informasi mengenai masalahnya , maka kelas hendaknya memilih satu masalah atas dasar suara terbanyak yaitu masalah yang akan dijadikan kajian kelas. Kegiatan tersebut meliputi langkah-langkah yaitu membuat daftar masalah, melakukan pemungutan suara I ( untuk menentukan 3 masalah) , melakukan pemungutan suara II ( untuk menentukan 1 masalah dari masalah hasil pemungutan suara I) .

Tahap kedua yang dilakukan dalam implementasi portofolio yaitu kegiatan identifikasi masalah. Pada tahap ini guru kelas membagi siswa di kelas IV untuk membentuk kelompok yang masing-masing terdiri dari 2 atau 3 siswa. Setelah dibagi kemudian siswa dikumpulkan menurut kelompoknya. Setelah masing-masing kelompok berkumpul kepada kelompoknya masing-masing kemudian pada kesempatan itu guru memberikan pokok tema yang akan dijadikan bahan kegiatan. Pokok tema yang diambil yaitu Perilaku Hidup Sehat. Guru memberikan tugas kepada kelompok siswa untuk mengidentifikasi masalah dari tema diatas dari kejadian-kejadian di lingkungan siswa , berita TV, Radio, Koran, Majalah. Siswa diberi tugas menemukan 1 masalah atau lebih. Pada hari berikutnya kelompok siswa yang sudah menemukan masalah yang mereka identifikasi. Kelompok-kelompok kemudian bermusyawarah di dalam kelompoknya masing-masing sehingga satu kelompok mempunyai satu tema yang akan diajukan di kelas. Dari hasil observasi terdapat 10 kelompok dengan 10 masalah yang akan diajukan di kelas yang ditampilkan sebagi berikut :

Kelompok 1 = Remaja yang banyak bermabuk-mabukkan.

Kelompok 2 = Lingkungan sekolah yang kotor

Kelompok 3 = Warga masyarakat yang suka pergi ke dukun bila sakit

Kelompok 4 = Membuang sampah Sembarangan

Kelompok 5 = Makanan Kurang Sehat dari penjual keliling

Kelompok 6 =Anak Sekolah Yang Merokok

Kelompok 7 = Sampah bekas bungkus makanan kecil berserakan dimana-mana

Kelompok 8 = Pencoret-coretan tembok di tempat umum.

Kelompok 9 = Penyakit demam berdarah

Kelompok 10= Kurang memadainya MCK di wilayah Legundi

Tahap selanjutnya kelompok-kelompok murid dengan dibantu panduan guru akan memilih masalah yang akan dijadikan kajian kelas. Setiap permasalahan kemudian ditawarkan kepada semua murid. Guru satu persatu membacakan tema-tema dari masing-masing kelompok. Guru menawarkan diadakan musyawarah antar kelompok. Akhirnya secara mufakat dipilih satu masalah yaitu Membuang sampah sembarangan. Guru kelas kemudian membimbing dengan memberi arahan dan penjelasan tentang masalah yang telah disetujui. Hal ini agar siswa benar-benar dapat memahami betul permasalahan yang akan dikaji.

0 comments: