Saturday 25 May 2013

Faktor yang mempengaruhi perkembangan CANDIDA albicans (Robin) Berkh

Candida menyerap zat gula yang terdapat pada hospesnya. Candida menyenangi tumbuh di lingkungan yang gelap dan lembab seperti pada intestinal manusia.

Epidomologi dari C. albicans (Robin) Berkh yang menyebabkan suatu individu terserang terdiri dari banyak kondisi. Dipastikan faktor perubahan fisiologi atau kondisi kesehatan yang menyediakan tempat hidup fungi oportunis ini (Sulia and Shaittharam, 1998) .

Menurut Biamonte (2001) penyebab tumbuhnya bakteri tidak sama antara individu.

1. Antibiotik. Antibiotik akan membunuh bakteri dan fungi penyebab penyakit tetapi di sisi lain akan juga membunuh bakteri yang berguna dalam tubuh. Disaat bakteri yang menguntungkan tidak ada maka akan memberi kesempatan Candida untuk tumbuh dan berkembang. Orang yang menggunakan antibiotik untuk anti jerawat, untuk pemeliharaan gigi atau kondisi dimana antibiotik digunakan terus menerus akan meningkatkan bahaya serangan candida. Pemakaian terus menerus dalam 7-10 hari saja akan membunuh bakteri yang menguntungkan.

2. Kelemahan sistem kekebalan. Candida albicans (Robin) Berkh hadir pada saat ketahanan tubuh manusia lemah misalnya saat terserang AIDS, Leukimia dan TBC. Fungi oportunis ini sebenarnya ada dimana-mana dan termotoleran. Menunggu kesempatan di saat hospesnya kondisinya lemah (Madigan et al,1997).
3. Akibat stres. Akibat stres akan menyebabkan meningkatkan pertumbuhan candida dengan beberapa alasan. Stres secara tidak langsung akan menyebabkan naiknya gula darah. Naiknya gula darah akan memberi kesempatan jenis-jenis fungi untuk tumbuh pesat. Menurunnya fungsi sistem kekebalan akan menyulitkan tubuh menahan serangan candida.

4. Konsumsi air berkhlorin. Air minum yang banyak diberi klorin jika minum sehari-hari akan membunuh bakteri yang menguntungkan pada tubuh. Candida akan tumbuh leluasa tanpa terkontrol.

5. Alkohol dan obat-obatan. Akibat alkohol akan merusak bakteri menguntungkan dalam tubuh dan mengijinkan candida untuk tumbuh. Minuman bir bukan hanya karena alkoholnya tetapi juga oleh maltose pada kandungannya. Maltose adalah gula yang merupakan derivat malt. Malt adalah sangat potensial dan dapat dikonsumsi fungi sangat cepat. Obat-obatan akan menyebabkan efek samping pada gastrointestinal yang mengakibatkan candida tumbuh oleh karena bakteri menguntungkan musnah.
6. Pembersih isi perut: Membersihkan isi perut dengan bahan tertentu secara berlebihan dan terus menerus akan menghilangkan bakteri yang menguntungkan dalam tubuh sehingga resiko serangan candida akan menjadi tinggi.
Pada manusia dewasa umumnya akan lebih tahan terhadap serangan fungi ini daripada anak-anak. Meskipun ada suatu kondisi yang menyebabkannya mudah terserang misalnya luka pada kulit, pemakaian pelembab kulit yang berlebihan menyediakan tempat infeksi Candida albicans (Robin) Berkh. Dapat pula karena gangguan endokrinal (Sulia and Shaittharam, 1998).

Kultur Candida albicans (Robin) Berkh mempunyai karakteristik kultur yang tidak terlalu rumit. Tumbuh dengan media konvensional pada suhu 37 oC dalam waktu sekitar 24-48 jam. Akan membentuk koloni yang lembut, creamy seperti bakteri tetapi agak lebih kecil, koloninya dapat berkerut ataupun beralur (Sulia and Shaittharam, 1998).

Daftar Pustaka : Klik Disini

0 comments: