Tuesday 7 May 2013

Membangun Manajemen Rumah Sakit

Sistem manajemen pengetahuan mendukung petugas kesehatan dalam menggunakan pengetahuan yang tersedia untuk mengembangkan pembelajaran organisasi. Manajemen rumah sakit adalah wilayah luas yang berhubungan dengan pengelolaan semua aspek rumah sakit. Ini dapat disebut sebagai poros yang mengkoordinasikan seluruh elemen rumah sakit, mulai dari perawatan pasien ,untuk merekam medis, menjaga untuk mengurus barang-barang seperti persediaan obat-obatan untuk kebersihan fisik. Dengan demikian, manajemen yang profesional rumah sakit harus mengawasi setiap elemen rumah sakit. Sebuah sistem management  yang baik dapat membantu staf menciptakan dan memanfaatkan pengetahuan baru. Hal ini mampu mengambil keputusan, perubahan dan perbaikan semua tingkat organisasi. Dan, di era peningkatan biaya oprasional dan penurunan reimbursement, suatu management yang efektif sangat penting untuk perbaikan proses organisasi kesehatan dan strategi pengurangan biaya yang harus dikeluarkan.

Dalam organisasi layanan kesehatan  sejumlah fasilitas dan fitur perlu diintegrasikan dan disinkronkan. Adanya teknologi berupa Sistem Informasi Mangament (SIM)telah memfasilitasi fungsi ke tingkat yang tidak dapat dibayangkan pada generasi sebelumnya.
Disamping itu adanya banyak sub-kategori manajemen rumah sakit adalah susuatu yang harus diperhatikan dalam pemilihan manager pengelolanya.   Akan ada orang yang berbeda menangani setiap daerah atau departemen rumah sakit. Seseorang mahir dalam perawatan intensif, misalnya, akan merawat hanya departemen ini. Atau, seorang spesialis dalam manajemen persediaan akan menjadi satu-satunya di-charge pasokan medis. Ini adalah cara yang sebenarnya di mana sebagian fungsi rumah sakit, meskipun umumnya seorang profesional manajemen dilatih untuk menangani masing-masing daerah dan menempatkan pengetahuan dari masing-masing dalam praktek dari waktu ke waktu.
Dalam periode tertentu , pekerjaan mereka umumnya diputar dan berjalan dari satu divisi ke divisi lain. Mereka biasanya melaksanakan fungsi dalam departemen dialokasikan untuk jangka waktu tertentu, setelah itu mereka dialihkan ke divisi lain. Selama hidup dari seluruh karir, manajemen yang profesional rumah sakit akan bekerja di hampir setiap bidang manajemen.
Staf manajemen rumah sakit bekerja di bawah aturan ketat akuntabilitas dan penegakan tata tertib perushaan. Berbagai fungsi di rumah sakit harus dikoordinasikan sangat lancar jika rumah sakit harus efisien. Meskipun teknologi dapat membantu para profesional di beberapa daerah, mereka harus menggunakan keterampilan mereka secara intuitif pada banyak kesempatan, tanpa harus menggunakan teknologi.

Memastikan bahwa semua aspek rumah sakit tetap up-to-date adalah kebutuhan yang paling penting dari manajemen rumah sakit. Jadi  rumah sakit harus muncul untuk menjadi entitas layanan kesehatan di mana masing masing mereka yang bertanggung jawab atas manajemen pada bagian masing masing.

0 comments: