Sunday 16 June 2013

Managemen Kontrol di Rumah SaKit

terbaruTak diragukan lagi bahwasanya apa yang dihadapi oleh pimpinan rumah sakit di dunia telah berubah, sedang berubah dan akan terus berubah. Sifat dinamis pelayanan kesehatan akhir akhir ini adalah sebagai hadiah dan juga tantangan bagi orang yang akan memimpin organisasi pelayan kesehatan tersebut. Adanya pengetahuan tentang managemen dimana merupakan suatu displin ilmu yang dinasmis yang akan mampu menyiapkan dalam menangangi dinamika yang selalu berubah yang pasti anda hadapi. Anda harus tahu artinya menjadi seorang manager atau kepala bagian dalam menghadapi perubahan perubahan tersebut.. Hal ini berlaku bagi anda diseluruh bagian baik di pelayanan maupun penunjang medis. Mereka harus dapat memadukan teori dan penerapan ilmu managemen rumah sakit.  Konsep managemen yang dilakukan harus berorientasi pada kemajuan rumah sakit tidak hanya melulu rutinitas pekerjaan.

Apa yang perlu anda lakukan adalah menyadari  bahwa bahwa rumah sakit adalah suatu tempat yang ramai. Dalam dunia medis yang mempunyai resiko tinggi , dimana suati kesalahan kecil dapat berarti fatal bahkan bisa menjadikan nyawa pasien tidak dapat terselamatkan.. Di era tehnologi informasi memang sudah kian maju dimana melalui penggunaan jaringan baik kabel atau nirkabel, scanner barcode, stasiun dekstop dan database intranet dari informasi pelayanan pasien sudah dapat berjalan otomatis  sehingga sangat membantu dalam proses managemen alur pelayanan rumah sakit . Waktu yang kian singkat dalam mengakses informasi pasien oleh masing masing bagian sangat menunjang pelayanan perwatan seorang pasien. Dalam waktu yang sama bagian perawat dan apotik sudah bisa diagnosa yang diinput oleh dokter. Pelayanan pun akan menjadi relatif lebih cepat dan tepat. bayangkan jika dahulu sebelum ditemukan tehnologi jaringan dimana data rekam medis yang tertulis di buku rekam medis harus dibwa oleh seorang pekarya untuk dibawa ke bagian bagian tertentu. Sangat tidak efisien dalam hal waktu dan tenaga. Adanya database yang mampu untuk mempunyai semua info pasien secara elektronik dengan sekali klik, tak ada lagi coretan hilang atau kesalahan obat karena resep dokter yang tidak terbaca karena salah membaca tulisan resep oleh apoteker. Namun demikian kemampian managerial masih diperlukan sebagai kontroling dari kegiatan kegiatan tesrsebut agar berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu seorang manager atau kepala bagian harus benar benar waspada dan tidak boleh lengah dalam mengelola pekerjaan karyawan masing masing dalam menjalankan sistem tersebut

0 comments: